RSS

Apa itu DIOXIN ?

WHO: Zat DIOXIN Dapat Menyebabkan Kanker

Deskripsi:
Pernahkah Anda berpikir bahwa pembalut yang kita pakai selama ini aman? Ternyata dari sekian banyak pembalut yang beredar hampir seluruhnya tidak aman dan mengandung racun. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan penderita kanker mulut rahim NO.1 di dunia, dan 62% salah satunya diakibatkan oleh penggunaan produk pembalut yang tidak berkualitas. Di RSCM: 400 pasien kanker leher rahim baru setiap tahunnya, dan itu baru dari satu rumah sakit dan kematian akibat kanker serviks sekitar 66%. Mayoritas penderita datang dalam kondisi stadium lanjut. Tingkat kesadaran deteksi dini masih rendah. Setiap satu jam ada penambahan penderita kanker mulut rahim di Indonesia.

Daerah kewanitaan yang kita sayangi selama ini ternyata secara tidak sengaja kita racuni. Dan yang membuat kita terkejut adalah bahwa pembalut yang biasa kita pakai ternyata terbuat dari kertas /sampah daur ulang dan mengandung DIOXIN. Konggres (DPR) di Amerika Serikat sedang mempersiapkan Undang-undang pelarangan pemakaian pemutih pada pembalut dan pemakaian bahan daur ulang. http://womenscancercenter.com/cancercosts/hr890.html ttg Tampon Safety and Research Act of 1999 (Introduced in the House) HR 890 IH. Dan di beberapa negara maju pembalut semacam ini dilarang beredar. Di Indonesia kita tidak diinformasikan tentang bahaya tersebut, dan industri pembalut tetap menjual produk mereka dengan harga yang sangat murah dan berkwalitas rendah karena tidak memakai bahan kapas melainkan berbahan dasar sampah kertas daur ulang dan pemutih.

Pembalut wanita merupakan benda yang sangat vital bagi kaum hawa bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok ketika seorang wanita sedang menstruasi. Tanpa disadari, ternyata justru menjadi salah satu penyebab penyakit kewanitaan dengan ditemukannya zat DIOXIN pada benda sahabat wanita itu. Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO bahwa zat DIOXIN dapat menyebabkan kanker.

Apa itu DIOXIN?
DIOXIN adalah sebuah hasil sampingan dari proses bleaching (pemutihan) yang digunakan pada pabrik kertas, termasuk pabrik pembalut wanita, tissue, sanitary pad dan diaper.

Bagaimana Dioxin tersebut bisa meresap ke dalam rahim ?
Bila darah haid (bersifat panas) jatuh ke permukaan pembalut , maka zat dioxin akan dilepaskan melalui proses penguapan. Uap tersebut pertama-tama akan mengenai permukaan vagina, kemudian diserap ke dalam rahim melalui saluran Serviks, lalu masuk ke uterus, melalui tuba fallopi dan berakhir di ovarium.Sehingga menyebabkan : kanker leher rahim, gatal2, myoma dll.

Petunjuk Untuk pengujian apakah terbuat dari pulp/kertas daur ulang sbb :

Anda dapat melakukan pengetesan apakah pembalut yang anda beli aman atau tidak sbb:

1.Sobek produk pembalut Anda, ambil bagian inti dalamnya.

2.Ambil segelas air putih. Usahakan gunakan gelas transparan sehingga lebih jelas.

3.Ambil sebagian dari lembaran inti pembalut Anda dan celupkan ke dalam air tersebut. Aduk dengan sumpit.

4.Lihat perubahan warna air (karena kalo higienis dan bersih, seharusnya air akan tetap jernih).

5.Lihat apakah produk tersebut tetap utuh atau hancur seperti pulp. Jika hancur dan airnya KERUH, berarti Anda menggunakan produk yang kurang berkualitas, dan banyak mengandung zat pemutih (DIOXIN)

Sumber: http://womenscancercenter.com/cancercosts/hr890.html

 

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Agustus 11, 2011 in Info Kesehatan Vagina

 

Dampak Masturbasi pada Kesehatan Wanita

VIVAnews - Bagi kaum pria, masturbasi mungkin dianggap hal yang biasa. Tetapi, bagi wanita hal itu dianggap tabu apalagi jika sudah menikah. Carrie Levine, seorang bidan asal Amerika Serikat, mengungkap, masturbasi pada wanita sebenarnya memiliki dampak positif baik bagi kesehatan fisik maupun psikologis.

Berikut dampak masturbasi pada wanita bagi kesehatan fisik dan psikologis seperti dikutip dari Womentowomen.com

1. Mencegah infesksi serviks dan kandung kemih
Penelitian menunjukkan bahwa masturbasi yang dilakukan wanita dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi serviks dan kandung kemih. Hal itu karena ketika masturbasi ‘tenda’ klimaks terbuka atau membuka leher rahim.

Joann Ellison Rodgers, dalam bukunya berjudul ‘Sex: A Natural History’, mendeskripsikan proses peregangan dan penarikan lendir di leher rahim, memungkinkan untuk meningkatkan keasaman dalam cairan serviks. Hal ini meningkatkan jumlah bakteri ‘baik’ dan lebih banyak cairan berpindah dari leher rahim ke dalam organ intim. Lalu, bagi wanita yang sering mengalami infeksi kandung kemih, masturbasi bisa membantu mengurangi rasa sakit.

2. Mencegah penyakit kardivaskular dan diabetes tipe 2
Dalam beberapa penelitian, wanita yang lebih sering mencapai kepuasan bercinta, baik dengan pasangan maupun sendiri, risiko terkena penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan yang jarang mencapai klimaks.

3. Mengatasi insomnia secara alami
Masturbasi dapat mengatasi insomnia secara alami, dengan produksi hormon yang bisa melepaskan ketegangan. Hormon tersebut yaitu hormon dopamin, berfungsi memberikan rasa nyaman, yang produksinya meningkat ketika mencapai klimaks. Setelah itu, hormon oksitosin dan endorfin dilepaskan, yang membuat Anda merasa hangat dan tidur nyenyak.

4. Menstabilkan mood
Masturbasi membantu meringankan emosi depresif. Ketika Anda bergairah, hormon dopamin dan tingkat epinefrin dalam tubuh meningkat. Kedua hormon ini bisa membuat mood Anda lebih stabil.

5. Mengatasi stres
Dalam bukunya yang berjudul ‘For Yourself’, ahli terapi seks, Lonnie Barbach menjelaskan bahwa stres dapat membuat ketidakseimbangan dalam tubuh. Ia mengungkapkan, masturbasi dapat membantu mengurangi stres emosional, yaitu dengan meluangkan waktu untuk diri kita sendiri. (umi)

• VIVAnews

link sumber

http://kosmo.vivanews.com/news/read/152961-dampak_masturbasi_pada_kesehatan_wanita

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Mei 24, 2011 in Info Kesehatan Vagina

 

Sekitar 270 Ribu Wanita Indonesia Meninggal Akibat Kanker Serviks

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYKARTA – Sekitar 270.000 perempuan di Indonesia meninggal dunia setiap tahun akibat kanker leher rahim atau serviks. Demikian kata Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Titik Kuntari MPH.

“Berdasarkan data, setiap tahun sekitar 500.000 perempuan di Indonesia didiagnosis terinfeksi kanker serviks. Dari jumlah itu, sekitar 270.000 penderita meninggal dunia,” katanya di Yogyakarta, Kamis (24/2).

Di Indonesia, menurut dia, kanker serviks telah menjadi pembunuh nomor satu dari keseluruhan kanker. Kanker serviks merupakan penyakit kanker paling umum kedua yang biasa diderita perempuan berusia 20-55 tahun.

“Kanker serviks adalah tumor ganas yang tumbuh dalam leher rahim. Kanker itu terjadi pada serviks uterus. Yakni, suatu daerah pada organ reproduksi perempuan yang merupakan pintu masuk ke rahim yang terletak antara rahim dengan vagina,” katanya.

Berdasarkan survei yang melibatkan 5.423 perempuan di Asia dan dilakukan pada sembilan negara termasuk Indonesia, data menunjukkan hanya dua persen perempuan yang mengetahui infeksi human papilloma virus (HPV) merupakan penyebab kanker serviks. “Jadi, pengetahuan perempuan mengenai penyebab kanker serviks masih sangat kurang. Rendahnya tingkat pengetahuan dipercaya memperburuk kondisi yang ada dan diperkirakan angka kejadian kanker serviks terus meningkat setiap tahunnya,” katanya.

Padahal, menurut dia, ada cara mudah terhindar dari kanker serviks melalui vaksinasi. Deteksi dini dan vaksinasi dapat menekan angka kejadian kanker serviks pada perempuan Indonesia. “Metode deteksi dini dengan papsmear sudah lama ditemukan. Tetapi, yang melaksanakannya itu masih sangat terbatas,” katanya.

Titik mengatakan perempuan yang aktif secara seksual dengan berganti-ganti pasangan, berhubungan seks pertama pada usia kurang dari 18 tahun, dan merokok memiliki risiko terinfeksi kanker serviks. “Namun demikian, perilaku yang meningkatkan risiko terkena kanker serviks tersebut saat ini disinyalir justru meningkat, seperti seks bebas, hubungan seks pertama pada usia kurang dari 18 tahun, dan merokok,” katanya.

Sumber Link : http://id.news.yahoo.com/repu/20110224/tls-sekitar-270-ribu-wanita-indonesia-me-4d4f647.html

 
1 Komentar

Posted by pada Februari 25, 2011 in Info Kesehatan Vagina

 

Masa reproduksi normal wanita

Masa reproduksi normal wanita, ditandai dengan perdarahan siklik dari uterus (rahim) yang dikenal dengan menstruasi atau haid. Kebanyakan dari cewek, merasa khawatir jika kalender hampir menunjukkan tanggal dimana akan datang tamu tak diundang.
Yup! It’s Menstruation.

But, jangan dijadiin problem yang bisa bikin stress yah! Emang sih, haid ini cukup mengganggu wanita dan membuat segalanya jadi tidak nyaman; darah yang keluar cukup banyak walaupun udah pake pembalut yang super panjang dan tebal tetap aja bisa nembus ke rok atau celana. Belum lagi rasa pegal pada punggung, pinggul linu, badan panas dingin, mual, dan yang paling dikhawatirkan, yaitu rasa sakit luaar biasa pada perut bagian bawah. Hal ini membuat kita malas beraktifitas, and pengennya tiduran aja di kamar.

NYERI PERUT BAGIAN BAWAH
80% wanita merasakan nyeri tersebut, dan mungkin beberapa menyebar ke punggung, pinggul, diikuti demam, mual, mulas, capek, kadang sakit kepala. Hal ini biasanya berlangsung selama 2/3 hari awal masa haid yang diikuti perdarahan yang lumayan banyak. Rasa sakit ini dirasakan oleh 15% wantia didunia.
Tahu gak sih! Makin dewasanya wanita, rasa sakit yang dialami semakin buruk.

APA PENYEBABNYA?
Belum ada keterangan medis mengenai penyebab pasti nyeri perut ini. Namun, sejumlah besar prostaglandin (bahan kimia alami yang diproduksi oleh tubuh disebabkan lepasnya telur dari ovarium) ditemukan pada darah haid dan menimbulkan nyeri akibat kontraksi uterus meningkat dan membuat aliran darah dan oksigen pada otot rahim berkurang. Pada kondisi inilah, kram akan menjadi-jadi.

Truz, bagi kamun yang mungkin dah berusia 17+, dan belum kedatangan tamu tiap bulan, coba deh ke dokter buat periksa! Mungkin saja ada gangguan seperti hymen imperforatus (selaput darah yang tidak menunjukkan lubang sama sekali) atau jika kamu obesitas/kegemukan, dan merasa nyeri seperti halnya orang halangan tiap bulannya, mungkin saja hal tersebut membuat darah kamu lebih kental dibanding normalnya. So, darah yang seharusnya keluar melalui vagina malah tersendat.

Ada pun komentar dari DR.Boyke bahwa sebenarnya haid itu sebenarnya tidak sakit. Namun mengapa wanita sekarng umumnya mengalami nyeri tsbut adalah karena 3 hal:
1. Radikal Bebas (Polusi udara, AC, radiasi)
2. Pola hidup (makann yg tidak terkontrol seperti byk mengkonsumsi junk food)
3. Pembalut yang mengandung dioksin.

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Februari 22, 2011 in Tak Berkategori

 

Testimoni

Atik 30th :

“Dulu awal pakai Anion niatnya sih pengen cb alat testnya,,eh ternyata beneran nyeri haid bs hilang,,akhirnya sy memutuskan utk pakai tiap bulan (tdk niat terapy tp sbg kebutuhan aja krn sgt nyaman n tdk buat iritasi) tp Alhamdulillah sy merasakan adanya perubahan dlm diri saya, ceritanya begini : dulu saya mengkonsumsi pil KB selama 2th, terakhir sekitar Mei 2006 tp badan saya rusak selain berjerawat n ada flek2 saya jd kurus berat badan hanya 42kg (pdhl bujang 50-52kg) sdh gt payudara terasa kosong n lembek (di kotak pil KB tersebut ada tulisan efek samping ‘melunakkan buah dada’) akhirnya sy putuskan stop konsumsi pil kb dg harapan punya anak lagi,,,tp ternyata smp 3th lbh blm jg ada tanda2,,,sekitar th 2008 sy pergi kedokter dikasi resep yg sgt mahal (sekali tebus diatas 1jt) tp tdk sy teruskan krn berat diongkos,,,sekitar oktober 2009 sy cb pakai pembalut anion (sekali lg tdk ada niat terapy) ternyata manfaatnya lebih bukan hanya nyeri haid hilang tetapi ada perubahan dalam diri saya,,payudara mulai berisi (akan terasa bila dipegang antara payudara yg kosong dan berisi) Alhamdulillah Maret 2010 sy positif tp sayang krn saking byk tingkah Mei keguguran,,tp saya merasa hormon saya sdh bagus (terlihat dr berat bdan saya yg stabil antara 47-48kg) jadi saya merasa InsyaAllah tdk lama lagi hamil dan Alhamdulillah skrg sy hamil 5bln,,,saya tdk memungkiri bahwa ini adalah kehendak Allah,,Allah yg telah menentukan semua ini termasuk menemukan sy dg produk Anion,,untuk itu sy ingin sharing supaya manfaat anion ini bs dirasakan oleh banyak org,,Mohon doanya ya semoga kehamilan saya lancar dan sehat2 saja,,,terimaksi”

Yuuuk wanita Indonesia jangan ragu untuk beralih ke pembalut yg sehat,,,InsyaAllah bisa mengatasi keluhan2 kewanitaan spt keputihan, nyeri haid, membunuh bakteri, memperbaiki hormon kesuburan

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Februari 22, 2011 in Tak Berkategori

 

Gangguan Wanita Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Gangguan Kesehatan Wanita Yang Perlu Diwaspadai
======================================

Ingat kata orang tua untuk terus menjaga kondisi tubh karena kesehatan itu mahal. Hal ini memng benar adanya. Tubuh sehat bugar adalah impian semua orang, termasuk kaum wanita. Namun, sering kali kaum perempuan justru tidak sadar penyakit yang tengah dideritanya. Banyak gejala yang disepelekan namun memiliki dampak yang cukup membahayakan oleh tubuh. Berikut adalah lima gejala gangguan kesehatan yang patut diwaspadai kamu perempuan.

1. Kuku berubah jadi putih begitu ditekan

Kuku akan memutih sebentar saat ditekan, namun berhati-hatilah apabila kuku tetap memutih hingga beberapa menit. Hal ini bisa mengindikasikan kamu terkena anemia dan kurang zat besi. “Banyak perempua, terutama yang biasa mengalami menstruasi yang cukup berat, bisa saja terkena anemia namun ia tidak mengetahuinya,” ujar Dr. Johnston.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi anemia ini ini adalah lakukan tes darah. Selain itu kamu juga harus mulai mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti ikan salmon. Tetapai ada satu hal yang perlu kamu perhatikan yaitu jangan mengkonsumsi suplemen zat besi tanpa anjuran dari dokter.

2. Bibir kering

Bibir kering bisa juga disebabkan oleh kelebihan vitamin A. Carolyn Jacob, M.D, seorang dermatologis dari Chicago mengungkapkan bahwa ia dulu pernah punya pasien yang tidak tahu bahwa dirinya telah mengkonsumsi sebanyak 20.000 unit vitamin A setiap harinya. Jumlah tersebut adalah empat kali dari jumlah yang direkomendasikan. Dalam dosis normal vitamin A bisa berfungsi untuk mengatasi permasalahan sel kulit. Namun, kelebihan dosis vitamn A justru bisa menyebabkan kulit kering dan menganggu janin jika kamu dalam keadaan hamil.

Untuk mengatasi bibir kering, hal bisa kamu lakukan jika kamu mengkonsumsi suplemen adalah dengan mengecek label untuk memastikan jumlah kandungan yang kamu konsumsi hingga tidak samapi overdosis. Selain menghitung kandungan vitamin A dari suplemen, kamu juga harus menghitung jumlah vitamin A yang kamu konsumsi yang berasal dari sumber alami seperti telur dan susu.

3. Kelopak mata kuning

Kelopak mata kekuningan menandakan kolestrol yang tinggi. Hal ini terjadi karena lemak yang terkumpul di bagian atas kelopak mata terus terkumpul disana. Dan karena lemak itu berwarna kuning, maka muncullah spot-spot warna kuning di sekitarnya kelopak matamu, apapun jenis kulitmu.

Langkah yang bisa kamu lakukan pertama adalah lakukan tes darah. Jika ternyata kolestrolmu tinggi, makanlah makanan yang bernutrisi tanpa lemak, lakukan olahraga selama 30 menit per hari dan meminum obat anjuran dokter. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghilangkan kolesterol dengan laser.

4. Pipi memerah

Facial yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit terkelupas seperti terbakar matahari. Ini adalah tanda pertama dari rosacea, gangguan kulit yang bisa disebabkan oleh alergi.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan krim antibiotic dan menghindari kafein dan sinar matahari.

5. Lingkaran hitam di bawah mata

Lingkaran hitam ini disebabkan oleh jam tidur yang kurang. Hal lain yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata adalah dikarenakan alergi. Alergi bisa menyebabkan sinusitis yang mampu menekan aliran darah menuju ke rongga di antara mata.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan antihistamin. Jika ternyata lingkran hitam masih ada, cobalah hubungi dermatologismu untuk diberikan krim anti-inflammatory.

Indikasi lain yang masuk kategori must-check
1. Jika payudaramu terlihat mengencang, memerah, atau seperti memar, atau terasa hangat dan gatal, bisa saja kamu terkena kanker payudara. Kanker payudara sangat mudah menyebar. Oleh karena itu, segera hubungi dokter secepatnya untuk penanggulangan dini.

2. Kanker mulut. Jika kamu memakan sesuatu yang terlalu panas, biasanya akan berbekas merah pada lidah. Namun, jika bekas tersebut tidak hilang-hilang selama dua minggu, kemungkinan kamu terkena kanker oral. Segerlah lakukan pengecekan.

3. Kanker kulit. Kanker tipe ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Bisa saja kanker muncul berwarna hitam pada jari kuku atau bisa juga muncul berupa kerutan. Cobalah liat di kaca apakah kulitmu baik-baik saja. Jika ada sesuatu yang aneh, segera hubungi dokter sekarang juga.

Inilah beberapa indikasi gangguan kesehatan yang biasa terjadi pada para wanita. Jangan remehkan gejala-gejala diatas karena efek yang timbul kan juga cukup membahayakan. Cegahlah penyakitmu lebih dini dengan mengetahui gejala-gejalanya.

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Februari 4, 2011 in Tak Berkategori

 

Tau Kah Anda Tentang Pap Smear ???

Memahami pentingnya Pap smear.

Termasuk cara melakukannya, apa artinya jika hasil abnormal dan mengapa perlu menjadi bagian pemeriksaan kesehatan rutin anda.
Pap smear, disebut juga tes Pap adalah prosedur sederhana untuk mengambil sel serviks anda (bagian bawah, ujung dari uterus). Dinamai sesuai dengan penemunya, George Papanicolaou, MD. Pap smear tidak hanya efektif untuk mendeteksi kanker serviks tapi juga perubahan sel serviks yang dicurigai dapat menimbulkan kanker. Deteksi dini sel ini merupakan langkah awal anda menghindari timbulnya kanker serviks.

Sejak wanita mulai melakukan Pap smear lebih dari 50 tahun lalu, angka kematian karena kanker serviks menurun drastis. Dulu kanker serviks merupakan penyebab utama kematian karena kanker pada wanita di Amerika Serikat, namun kini hanya menempati urutan ke 15 menurut American Cancer Society. Sekitar 3.700 wanita meninggal setiap tahun karena kanker serviks (angka ini dapat terus menurun jika lebih banyak wanita melakukan Pap smear).

Siapa yang Harus Melakukan Pap Smear?

American Cancer Society merekomendasikan Pap smear pertama sekitar 3 tahun setelah hubungan seksual pertama atau pada usia 21 tahun. Setelah usia 21 tahun, petunjuknya sbb:
21 – 29
Sekali setahun Pap smear regular atau setiap 2 tahun menggunakan Pap smear berbasis cairan

30 – 69
Setiap 2 – 3 tahun jika anda memiliki hasil 3 tes normal secara berurutan

Lebih dari 70
Anda dapat menghentikan Pap smear jika anda memiliki hasil 3 tes normal secara berurutan dan Pap smear anda normal selama 10 tahun

Tanpa melihat usia anda, jika anda memiliki faktor resiko anda perlu melakukan tes setiap tahun. Faktor resikonya yaitu:

* riwayat aktivitas seksual saat remaja, khususnya jika anda memiliki lebih dari 1 pasangan seks
* saat ini memiliki pasangan seks yang banyak (multiple)
* pasangan yang memulai aktivitas seksual sejak dini dan yang memiliki banyak pasangan seksual sebelumnya
* riwayat penyakit menular seksual
* riwayat keluarga dengan kanker serviks
* diagnosis kanker serviks atau Pap smear memperlihatkan sel prakanker
* infeksi human papilloma virus (HPV)
* perokok
* terpapar dietilstilbestrol (DES) sebelum lahir
* infeksi HIV
* sistem imun yang lemah karena beberapa faktor seperti transplantasi organ, kemoterapi atau penggunaan kortikosteroid kronis

Jika anda melakukan histerektomi total (operasi pengangkatan uterus termasuk serviks) tanyakan dokter anda apakah anda perlu melanjutkan Pap smear. Jika histerektomi dilakukan untuk kondisi non-kanker, seperti fibroids, anda dapat menghentikan Pap smear rutin. Namun jika histerektomi dilakukan untuk kondisi prakanker atau kanker, saluran vagina anda harus diperiksa untuk mengetahui adanya perubahan abnormal.

Persiapan Pap Smear

Untuk meyakinkan Pap smear anda efektif, ikuti tips berikut sebelum melakukan tes:

* hindari berhubungan seksual atau menggunakan obat vaginal atau busa/krim/gel spermisid selama 2 hari sebelum melakukan Pap smear karena ini dapat menyembunyikan sel abnormal
* coba untuk tidak menjadwalkan Pap smear selama periode haid anda, walaupun tes dapat dilakukan lebih baik untuk menghindari waktu tertentu dari siklus anda

Bagaimana Pap Smear Dilakukan?
pap_smear_test

Pap smear dilakukan di ruang dokter dan hanya beberapa menit. Pertama anda berbaring di atas meja periksa dengan lutut ditekuk. Tumit anda akan diletakkan pada alat stirrups. Secara perlahan dokter akan memasukkan alat spekulum ke dalam vagina anda. Lalu dokter akan mengambil sampel sel serviks anda dan membuat apusan (smear) pada slide kaca untuk pemeriksaan mikroskopis.

Pap smear

Dokter akan mengirim slide ke laboratorium, dimana seorang cytotechnologist (orang yang terlatih untuk mendeteksi sel abnormal) akan memeriksanya. Teknisi ini bekerja dengan bantuan patologis (dokter yang ahli dalam bidang abnormalitas sel). Patologis bertanggung jawab untuk diagnosis akhir.

Pendekatan terbaru dengan menggunakan cairan untuk mentransfer sampel sel ke laboratorium. Dokter akan mengambil sel dengan cara yang sama, namun dokter akan mencuci alat dengan cairan khusus, yang dapat menyimpan sel untuk pemeriksaan nantinya. Ketika sampel sampai ke laboratorium, teknisi menyiapkan slide mikroskopik yang lebih bersih dan mudah diinterpretasikan dibanding slide yang disiapkan dengan metode tradisional.

Umumnya dokter akan melakukan Pap smear selama pemeriksaan panggul (prosedur sederhana untuk memeriksa genital eksternal, uterus, ovarium, organ reproduksi lain dan rektum). Walaupun pemeriksaan panggul dapat mengetahui masalah reproduksi, hanya Pap smear yang dapat mendeteksi kanker serviks atau prakanker sejak dini.

Hasil Tes Anda

Pap smear bukan digunakan untuk mendiagnosa penyakit, hanya sebagai tes skrining untuk memperingatkan dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sel abnormal dipilih secara hati-hati untuk mengirim pesan spesifik kepada dokter anda tentang resiko yang ada. Berikut beberapa istilah yang mungkin digunakan dokter dan kemungkinan langkah anda selanjutnya:

* Normal
Tes anda negatif (tidak ada sel abnormal terdeteksi). Anda tidak perlu pengobatan atau tes lebih lanjut sampai Pap smear dan pemeriksaan panggul selanjutnya.

* Sel bersisik atipikal tidak terdeterminasi signifikan (Atypical squamous cells of undetermined significance)
Sel bersisik tipis dan datar, tumbuh di permukaan serviks yang sehat. Pada kasus ini, Pap smear mengungkap adanya sedikit sel bersisik abnormal, namun perubahan ini belum jelas memperlihatkan apakah ada sel prakanker. Dengan tes berbasis cairan, dokter anda dapat menganalisa ulang sampel untuk mengetahui adanya virus yang dapat menimbulkan kanker, seperti HPV. Jika tidak ada virus, sel abnormal yang ditemukan tidak menjadi perhatian utama. Jika dikhawatirkan ada virus, anda perlu melakukan tes lebih lanjut.

* Lesi intraepitelial sel bersisik (Squamous intraepithelial lesion)
Istilah ini digunakan untuk mengindikasi bahwa sel yang diperoleh dari Pap smear mungkin sel prakanker. Jika perubahan masih tingkat rendah, ukuran, bentuk dan karakteristik lain dari sel memperlihatkan adanya lesi prakanker yang dalam beberapa tahun akan menjadi kanker. Jika perubahan termasuk tingkat tinggi, ada kemungkinan lebih besar lesi akan menjadi kanker lebih cepat. Perlu dilakukan tes diagnostik.

* Sel glandular atipikal (Atypical glandular cells)
Sel glandular memproduksi lendir dan tumbuh pada permulaan serviks dan dalam uterus. Sel glandular atipikal mungkin menjadi abnormal, namun tidak jelas apakah mereka bersifat kanker. Tes lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sumber sel abnormal.

* Kanker sel bersisik atau sel adenokarsinoma (Squamous cancer or adenocarcinoma cells)
Sel yang diperoleh dari Pap smear memperlihatkan abnormal, sehingga patologis hampir yakin ada kanker dalam vagina, serviks atau uterus. Sel bersisik menunjukkan kanker timbul di permukaan datar sel pada serviks. Adenokarsinoma menunjukkan kanker timbul di sel glandular. Jika sel sejenis ditemukan, dokter akan segera melakukan investigasi lebih lanjut.

Selain mencari abnormalitas, dokter akan memutuskan untuk memeriksa jaringan dengan mikroskop khusus dalam prosedur colposcopy & mengambil sampel jaringan (biopsi). Colposcopy sering digunakan untuk melengkapi diagnosis.

Mempercayai Hasil Tes

Pap smear bukanlah pembuktian yang main-main. Namun tidak tertutup kemungkinan anda memperoleh hasil negatif palsu. Artinya tes memperlihatkan tidak ada sel abnormal, walaupun sebenarnya anda memiliki sel atipikal. Perkiraan kejadian hasil negatif palsu dengan Pap smear konvensional kurang dari 5% atau 1 dari setiap 20 wanita. Pap smear berbasis cairan akan memberi hasil negatif palsu yang lebih sedikit. Dengan tes yang sama, hasil positif palsu sangat jarang.

Hasil negatif palsu tidak berarti ada kesalahan yang dibuat, banyak faktor yang menyebabkan negatif palsu, yaitu:

* pengambilan sel yang tidak cukup
* sel abnormal sedikit
* lokasi lesi tidak dapat dijangkau
* lesi kecil
* sel abnormal meniru sel benigna
* darah atau pembengkakan sel menyembunyikan sel abnormal

Walau sel abnormal dapat terdeteksi, waktu berada di pihak anda. Kanker serviks memerlukan beberapa tahun untuk berkembang. Jika satu tes tidak dapat mendeteksi sel abnormal, maka tes selanjutnya akan dapat mendeteksi.

 
2 Komentar

Posted by pada Oktober 1, 2010 in Tak Berkategori

 
 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.